Fahmi Permana Hobi Rebahan - Cita cita menjadi sultan

Cara Install Webuzo di CentOS VPS

Cara Install Webuzo di CentOS VPS

Setelah mengenal beberapa layanan VPS dan merasakan sendiri “keampuhannya”, sayapun mencoba langsung layanan virtual private hosting. Untuk layanan yang diambil saat itu adalah DigitalOcean karena situs tersebut menyediakan beberapa paket yang tergolong murah namun juga berkualitas.

Hal yang cukup membingungkan waktu itu adalah pemilihan control panel yang akan diinstall pada VPS mengingat sebelum berpindah ke VPS saya sudah terbiasa menggunakan CPanel yang serba memudahkan dari segi UI dan fitur. Namun karena instalasi CPanel di VPS dikenai biaya tambahan berupa lisensi CPanel, saya pun memutuskan untuk mencari alternatif lain.

Setelah bertanya pada beberapa teman dan juga mencari informasi di #Google, ternyata ada beberapa kontrol panel yang gratis namun memiliki fitur yang cukup lengkap. Dari beberapa pilihan tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk memilih Webuzo sebagai panel kontrol di VPS yang waktu itu menggunakan CentOS.

Berdasarkan pengalaman di atas, saya akan berbagi tutorial dan cara install webuzo di CentOS VPS. Sedikit penjelasan, Webuzo adalah panel server yang berfungsi sama dengan CPanel. Memang dari keseluruhan fitur tidak bisa dibandingkan dengan CPanel. Namun dilihat dari segi fitur, support dan user interface, bisa dikatakan Webuzo adalah pilihan terbaik bagi anda yang belum cukup terbiasa dengan command line linux di VPS.

Dalam tutorial kali ini, saya menggunakan VPS dari DigitalOcean dengan sistem operasi CentOS 6.5, RAM berukuran 512, dan server yang berlokasi di Singapura. Untuk tutorial lengkapnya, silahkan simak langkah-langkah dibawah ini :

1. Silahkan download putty terlebih dahulu di http://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/download.html

webuzo0

2. Buka Putty, kemudian login SSH menggunakan username dan password yang anda dapatkan dari provider VPS yang anda gunakan.

webuzo1

3. Jalankan 2 perintah berikut ini secara berurutan:

yum -y install wget

Perintah ini berfungsi untuk menginstall wget yang akan bisa digunakan untuk mendownload file menggunakan command line. Setelah wget sudah selesai diinstall, jalankan command berikut ini:

wget -N http://files.webuzo.com/install.sh

Perintah ini berfungsi untuk mendownload file installer Webuzo yang bernama install.sh

webuzo2

4. Eksekusi 2 command berikut secara berurutan:

chmod 0755 install.sh

Command diatas berfungsi untuk merubah permission dari file install.sh. Setelah eksekusi command di atas, silahkan eksekusi command di bawah ini:

./install.sh

Command di atas berfungsi untuk menjalankan file install .sh. Jika urutan yang anda lakukan, prosesnya akan berjalan seperti ini :

webuzo3

Seperti yang terlihat pada gambar, eksekusi file install.sh akan menjalankan proses download dan install webuzo dimulai dari proses instalasi library dan dependensi, setting, download dan install webuzo, sampai proses download #aplikasi sistem. Selesainya proses instalasi ditandai dengan “Thank You for Choosing Webuzo” di baris terakhir.

5. Setelah anda menyelesaikan tahapan ke 4, silahkan buka URL yang tercantum di akhir proses instalasi webuzo. Setelah terbuka, anda akan dihadapkan pada beberapa form set up dasar seperti pada gambar di bawah ini:

webuzo4

6. Setelah mengisi semua form (form License Key adalah opsional), silahkan klik Install dan anda akan dikirim ke halaman selanjutnya yang berisi konfirmasi bahwa proses install webuzo pada CentOS anda sudah selesai. Dari sini kontrol panel Webuzo anda sudah siap digunakan.

Avatar
Fahmi Permana Hobi Rebahan - Cita cita menjadi sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *