Fahmi Permana Hobi Rebahan - Cita cita menjadi sultan

20 Contoh Bisnis Waralaba Terlaris Yang Sukses

Bisnis waralaba atau biasa disebut sebagian orang dengan usaha franchise adalah suatu usaha yang memiliki potensi besar saat ini. Terlebih lagi sebagian orang masih bingung menentukan bisnis yang akan mereka jalani ke depannya. Banyak di antara kita mempunyai banyak rencana/planning, namun masih belum ada tindakan untuk melangkah memulai usaha.

Penduduk Indonesia memiliki potensi kenaikan yang sangat signifikan dalam perkembangan sumber daya manusia (SDM). Hal ini sangat menguntungkan untuk kita memulai suatu bisnis wirausaha. Usaha Waralaba mempunyai kesempatan yang saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya. Apabila, perusahaan memiliki suatu produk yang akan di jual ke pasaran akan memiliki keuntungan beberapa persen dari hasil penjualan.

Singkatnya, bisnis ini sama halnya dengan reseller ataupun dropship ialah menjual produk orang lain. Cuma saja, usaha waralaba ini rata- rata telah mempunyai seperangkat tools bisnsi yang lengkap. Tugas pelakon usaha merupakan sediakan tempat serta ingin mengelola usaha tersebut. Buat urusan persenan sendiri bertabiat fleksibel bergantung konvensi antar 2 belah pihak.

Bila Kamu mau tertarik buat membuka usaha waralaba ini hingga dibutuhkan modal buat mengawalinya. Modal yang dikelaurkan juga bermacam- macam terdapat yang memanglah besar terdapat pula yang bermodal kecil serta menguntungkan.

Modal kecil yang diartikan buat usaha waralaba umumnya dikisaran Rp 1 juta sampai Rp 50 juta rupiah. Contoh usaha waralaba juga beragam jenisnya yang tentu produk dari usaha tersebut sangat sering di dengar di tengah warga serta banyak peminatnya.

Kamu pula dapat membaca pembahasan usaha rumahan modal kecil yang telah kami ulas lengkap tadinya. Kemudian, apa saja contoh usaha waralaba modal kecil serta menguntungkan yang dapat Kamu jalankan?

4 Langkah Penting Dalam Membuat Bisnis Waralaba/Franchise

Membuat Bisnis Waralaba Yang Sukses

Seuaikan Bisnis Yang Akan Kamu Buat Dengan Passion Diri Kamu

Bisnis franchise ada dari bermacam bidang, mulai dari kuliner, barbershop, minimarket, serta lain sebagainya.

Untuk itu, yakinkan kalau pemilihan tipe franchise yang hendak Kamu geluti cocok dengan atensi Kamu dan keahlian Kamu.

Pastinya melaksanakan bisnis cocok passion hendak terasa lebih mengasyikkan serta membuat Kamu lebih bergairah dalam memajukan usaha.

Tentukanlah Lokasi Bisnis Yang Strategis

Posisi yang strategis merupakan pintu mengarah kesuksesan bisnis franchise Kamu. Buat itu, yakinkan bila area posisi yang Kamu seleksi merupakan area yang dipadati orang yang penuhi sasaran pasar Kamu.

Misalnya, sasaran dari bisnis Kamu merupakan mahasiswa, baiknya Kamu memilah posisi di dekat kampus ataupun kos- kosan mahasiswa.

 

Memiliki Modal Untuk Membangun Usaha

Bisnis franchise memerlukan modal yang bermacam- macam. Tetapi yang butuh Kamu pahami, besar kecilnya modal tidak hendak memastikan kesuksesan berbisnis franchise.

Aspek berarti yang dapat membuat bisnis Kamu sukses merupakan inovasi serta kreativitas dari franchisor. Buat itu, persiapkan modal dengan baik serta sesuaikan keahlian finansial Kamu dengan bisnis franchise apa yang mau Kamu lakukan.

 

Mempelajari Bisnis Waralaba/Franchise Yang Akan Kamu Buat

Berarti untuk Kamu buat menekuni seluk- beluk bisnis franchise yang hendak Kamu lakukan. Buat itu, kenali terlebih dulu brand- nya dan syarat pembayaran dan sistem bisnis yang mereka lakukan.

Pastinya, tiap industri mempunyai standar operasional yang berbeda. Normal, sebab mereka mau melindungi mutu terbaiknya supaya senantiasa memperoleh pelanggan yang setia.

Terus menjadi baik serta ketat sistemnya, hingga sejatinya franchise tersebut kian layak buat Kamu seleksi.

Perihal yang lain yang butuh jadi atensi Kamu merupakan pembayaran. Tiap franchisor mempunyai ketentuan yang berbeda dengan franchisor yang lain dalam memastikan pembagian keuntungan pada tiap- tiap cabangnya.

Jangan hingga Kamu tidak mengenali perihal ini yang dapat saja hendak merugikan Kamu sebab tidak mempelajarinya terlebih dulu.

Sehabis mengenali sebagian perihal di atas, saat ini saatnya Kamu memandang kemampuan tipe franchise yang saat ini muncul di Indonesia.

 

Bisnis Waralaba Yang Paling Menjanjikan Dan Menguntungkan Dengan Modal Kecil

1. Membuat Usaha Waralaba Minuman Dingin/Panas

Usaha waralaba minuman dikala ini tengah digemari oleh warga Indonesia. Minuman yang dijual juga berbagai berbagai jenisnya dari yang mulai tradisional, modern, maupun campuran antar keduanya.

Buat mengawali usaha tersebut umumnya dikenakan modal dini dari Rp 1 Juta sampai Rp 5 juta. Seluruhnya bergantung dengan pembelian paket waralaba yang Kamu beli.

Bila kamu berminat meningkatkan bisnis waralaba minuman, kamu bisa membaca postingan kami tadinya yang membahas ilham usaha minuman kemasan yang potensial.

Buat memastikan sasaran pasar dari usaha ini juga tidak susah sebab dapat ditempatkan di sekolah, kampu, mall, maupun komplek perumahan.

Ada pula jenis- jenis usaha waralaba minuman yang diartikan merupakan bagaikan berikut:

1. Usaha Minuman Es Dawet/ Cendol

Semacam yang dikenal bersama, es dawet ataupun es cendol ini merupakan suatu minuman khas dari Indonesia yang memanglah sering di dengar di daerah Pulau Jawa.

Es cendol dibuat dari tepung yang dipadu padankan dengan gula merah, pandan, serta pula es. Minuman tersebut sangat sesuai buat menemani aktivotas Kamu disaat cuaca yang lagi panas.

Es cendol dapat Kamu temui di pusat perbelanjaan bunda kota, pasar tradisional, sekolah ataupun komplek- komplek rumah. Belum lama ini, es cendol juga mulai dibisnsikan secara luas dengan memakai konsep usaha waralaba.

Contohnya saja, web radjacendol. com membuka usaha waralaba cendol dengan varian toping serta pula modifikasi rasa yang unik.

Intinya visi yang mau ditonjolkan merupakan membudidayakan kuliner Indonesia dengan bahan kekinian yang dapat diterima digolongan anak muda hingga berusia.

Buat mengawali usaha tersebut, modal yang dapat Kamu keluarkan berkisar antara Rp 2 juta–hingga Rp 3 juta rupiah. Adapaun buat satu cup cendol sendiri berkisar antara Rp 5. 000 sampai Rp 12. 000 bergantung toping yang digunakan.

Tidak hanya yang dimodifikasi, usaha cendol yang masih nampak asli juga dapat Kamu miliki di kota Bandung ialah membeli bahan baku es cendol elisabeth yang populer serta legendaris. Pastinya buat es cendol elisabeth tersebut tidak sediakan booth cuma meneydiakan bahan bakunya saja.

Keduanya juga bersama menguntungkan serta modal usaha yang dikeluarkan juga lumayan dengan modal yang kecil.

2. Usaha Es Capucino Cincau

Apa jadinya apabila kopi capucino dicampur dengan minumam khas Indonesia ialah cincau? Pasti saja rasa yang ditimbulkan sangat lezat serta unik.

Serta seperti itu fenomena yang terhadi dikala ini banyaknya bermunculan suatu usaha warlaaba yang menjual es capucino cincau. 2 minuman yang tentu tadinya belum sempat terbayangkan.

Capucino serta cincau sendiri sangat sesuai diminum kala cuaca lagi panas. Keduanya dapat melenyapkan dahaga serta menaikkan kesegaran tertentu untuk penikmatnya.

Sebab latar balik seperti itu, banyak pengusaha kuliner yang menggunakan perihal tersebut buat dijadikan kuliner unik tetapi menjanjikan.

Teruji dengan terdapatnya usaha waralaba berbahan dasar tersebut yang tersebar di Pula jawa serta kota besar yang lain yang terdapat di Indonesia.

Salah satu usaha waralaba es capucino cincau yang populer misalnya http:// cappucinocincau. org/ yang memanglah menjual paket kemitraan usaha tersebut.

Modal yang dapat dikeluarkan buat membuka usaha tersebut berkisar di angka Rp 5 juta dimana para pelakon usaha hendak memperoleh booth, bahan baku buat membuat es capucino cincau tersebut, dan marketing tools yang digunakan buat promosi.

Tidak hanya paket 5 juta, ada pula paket 2 juta yang pasti saja kapasitas yang diberikan kurang dari paket lengkap. Buat penjualannya satu cup tersebut dijual dengan harga Rp 5. 000 rupiah dimana harga dasar yang diresmikan merupakan Rp 2. 600 rupiah.

Dalam satu hari juga Kamu dapat memilah paket penjualan cup berkisar antara 50 cup sampai 150 cup bergantung dari keahlian dan analisa beli yang terdapat di dekat Kamu.

Tetapi, tidak butuh takut sebab sejatinya kedua paket tersebut dapat membuat usaha waralaba Kamu jadi menguntungkan.

3. Bisnis Minuman Teh Tongji

Usaha minuman selanjutnya merupakan teh yang memanglah banyak ditemui di Indonesia. Banyak teh di Indonesia membuat para pelakon bisnis dengan kreativitas mengganti rasa teh tersebut dengan bermacam- macam.

Contohnya saja usaha waralaba teh tongji yang umumnya banyak ditemui di sekolah, pusat perbelanjaan, serta pula komplek perumahan.

Teh tersebut dimodifkasi sehingga dapat Kamu temukan rasa teh yang berbeda dengan kombinasi cokelat, sirup, susu, serta bahan yang lain yang nampak membuat teh tongji jadi unik.

Dikala ini teh tongji sendiri tidak hanya mempunyai outlet booth pula telah dibuka outlet besar yang umumnya banyak ditemukan di pusat perbelanjaan.

Maksudnya, tongji ini memanglah telah bukan usaha waralaba yang

tidak harus diragukan lagi kualitasnya.

Penjualan satu cup tongji umumnya dihargai Rp 5. 000 serta bila Kamu bergabung bersama kemitraan tersebut tiap booth hendak dibekali 1. 000 cup buat penjualan.

4. Bisnis Minuman Es Bubble Tea/ Drink

Minuman selanjutnya yan lumayan sering di dengar serta dijadikan usaha waralaba dikala ini merupakan bubble tea/ drink. Suatu miniman yang memanglah mempunyai bermacam- macam rasa semacam coklat, kopi, teh buah, yang dicampur dengan butiran tapioca ataupun yang diucap dengan bubble.

Tidak hanya rasa yang ada di atas terdapat pula rasa lain sampai menggapai 30 varian rasa yang sangat disukai oleh kanak- kanak, anak muda, sampai berusia.

Umumnya booth bubble drink tersebut biasa ditemui di pusat perbelanjaan bunda kota yang terdapat di Indonesia.

Buat mengawali usaha tersebut lumayan menghasilkan modal sebesar Rp 3, 500, 000 buat paket lengkap yang dilengkapi booth. Serta pula paket Rp 2, 700, 000 buat paket tanpa booth.

Harga yang dibanderol buat satu cup minuman tersebut berkisar anatara Rp 6, 000 sampai Rp 10, 000 bergantung varian rasa yang di idamkan.

5. Usaha Es Sari Tebu

Es sari tebu ialah salah satu minuman tradisional Indonesia yang pantas Kamu coba. Es sari tebu memanglah belum banyak diketahui oleh warga paling utama yang tinggal di pusat bunda kota.

Minuman ini mempunyai citra rasa yang khas ialah dari rasa yang fresh serta dapat melepas dahaga disaat panas terik yang menusuk.

Belum lama ini, es tebu juga banyak ditemukan sebab dijadikan bisnis waralaba yang nyatanya lumayan menjanjikan.

Para pelanggan juga terbuat takjub oleh pengolahan langsung tebu sebab diolah langsung dari tumbuhan bambu yang digiling oleh mesin khsusus. Buat satu harga cup sari tebu umumnya dihargai dengan harga Rp 5. 000

6. Membuka Usaha Kedai Kopi

Tidak hanya teh serta pula olahan kopi terdapat pula usaha waralaba spesial yang menjual kopi. Pasti saja usaha tersebut dinamakan dengan kedai kopi.

Semacam yang dikenal bersama, kopi ini merupakan minuman yang dapat dinikmati oleh tiap golongan, dapat dengan memakai kopi sachet hingga pula kopi asli.

Belum lama ini kedai kopi juga telah gempar ditemui di sekitaran pusat perbelanjaan ataupun di tempat- tempat universal yang terletak di pinggir jalur.

Contohnya saja semacam usaha waralaba kedai kopi torabika yang memanglah terbuat langsung oleh PT Mayora Indah Tbk, ialah bagaikan industri yang memanglah konsen memproduksi perkopian di Indonesia.

Buat mengawali usaha tersebut, modal yang dikeluarkan minimun Rp 10 juta. Pastinya dengan modal tersebut pihak industri hendak menyuplai dan mendampingi para mitranya sampai dapat mandiri.

7. Membuat Usaha Es Juice 

Es jus, minuman kesehatan yang sesuai buat seluruh golongan tersebut dikala ini juga telah terbuat dengan konsep usaha waralaba.

Para pelakon usaha bisnis tersebut hendak diberikan seperangkat bahan- bahan buat penjualan yang cocok dengan paket yang diseleksi.

Buat satu cup es jus juga dijual dengan harga yang berbeda- beda ialah kisaran Rp 5. 000– Rp 15. 000.

2. Membuat Usaha Waralaba Makanan

Tidak hanya minuman, usaha waralaba santapan juga lumayan banyak ditemui. Dapat dibilang usaha santapan ini sangat menjanjikan serta pula menguntungkan.

Tipe santapan yang diwaralaba juga berbagai macam dari mulai santapan ringan maupun berat. Belum lama ini pula para artis bunda kota membuka usaha seragam dengan membuat konsep santapan yang lumayan unik.

Ada pula usaha waralaba santapan yang diartikan merupakan bagaikan berikut:

8. Ayam Tepung Goreng ataupun Fried Chicken

Semacam yang dikenal bersama, ayam tepung di Indonesia ini bukan suatu yang aneh. Telah banyak para pelakon bisnis tersebut dari mulai yang bertaraf internasional ataupun nasional.

Sekilas wujud yang disajikan juga nampak sama, tetapi bila dicicipi serta diteliti lebih dalam rasa dari fried chicken tersebut berbeda- beda.

Seakan telah jadi santapan yang“ menjamur” di Indonesia, banyak pelakon usaha yang memanglah“ nekad” membuka usaha waralaba tersebut.

Serta teruji, tiap usaha waralaba ayam dengan nama- nama berbeda tersebut senantiasa jadi andalan di tengah warga Indonesia serta mempunyai sasaran pasar tertentu.

Contoh- contoh usaha waralaba tersebut misalnya semacam Sabana, D’ besto, Labaik Chicken, hisana Crispyku, Kuku Kriyuk, serta lain sebagainya.

Tiap- tiap brand tersebut mempunyai modal usaha yang berbeda- beda diawali dari Rp 3, 000, 000 sampai Rp 15, 000, 000

9. Kebab

Kebab ialah santapan yang berasal dari timur tengah. Berbahan dasar roti khas timur tengah yang didalamnya berisi daging kambing ataupun sapi, sayur- mayur, mayonaise, saos, serta toping yang lain cocok dengan selera.

Kebab tersebut warnanya telah jadi santapan kesukaan di Indonesia sehingga banyak orang yang menjual santapan tersebut.

Semacam halnya bisnis usaha waralaba ayam goreng, bisnis santapan kebab tersebut banyak ditemui di pusat perbelanjaan ataupun di komplek- komplek perumahan dengan merek yang berbeda- beda.

Pastinya perihal ini meyakinkan kalau usaha waralaba kebab juga telah jadi bisnis yang menjanjikan serta pula menguntungkan.

Contoh nama merek kebab yang lumayan sering di dengar di Indonesia semacam kebab baba rafi yang terdapat di Bandung, kebab corner, kebab ali baba, arofah kebab, kebobs, hafiz kebab, serta lain- lain.

Buat mengawali usaha warlaba ini pula memanglah bermacam- macam biayanya diawali dari Rp 3, 000, 000 sampai ratusan juta. Bergantung industri mana yang hendak Kamu seleksi buat menjadikan Kamu sebgai mitra usaha mereka.

Tetapi, pada dasarnya usaha waralaba kebab ini lumayan menajnjikan serta telah mulai banyak peminatnya di indonesia.

10. Sosis Bakar

Sosis ialah santapan yang dibuat dari daging sapi yang diolah jadi santapan yang sangat lezat. Umumnya sosis ini dijadikan santapan kemilan buat golongan kanak- kanak sampai berusia.

Sosis juga dikala ini sangat sesuai buat dijadikan usaha waralaba sebab peminatnya yang memanglah lumayan banyak.

Penyajian sosis juga beragam dapat di bakar ataupun digoreng. Harga yang dibanderol buat satu sosis juga bermacam- macam diawali dari Rp 1, 000 sampai Rp 15, 000 bergantung dengan mutu rasa sosis itu sendiri.

Buat mengawali usaha waralaba tersebut dapat diawali dengan modal Rp 2, 200, 000 sampai Rp 3, 500, 000 yang umumnya telah memakai gerobak.

11. Jamur Crispy

Indonesia bagaikan negeri tropis ini banyak menciptakan tumbuhan serta pula buah- buahan yang pastinya layak buat dimakan.

Salah satunya merupakan jamur yang memanglah banyak berkembang produktif di Indonesia. Jamur sangat bagus buat kesehatan sebab mempunyai isi nutrisi yang lumayan besar.

Sebab banyaknya jamur yang berkembang di Indonesia, membuat para pelakon bisnis kuliner membuat suatu inovasi bisnis berbahan dasar jamur.

Hingga, dicetuslah suatu usaha waralaba jamur crispy yang dikala ini dapat ditemui di tiap wilayah yang terdapat di Indonesia.

Jamur crispy tersebut juga diberikan rasa yang berbagai macam, semacam rasa ayam bakar, keju asin, jagung bakar, serta lain sebagainya. Harga yang dibanderol buat satu bungkus crispy dihargai Rp 2. 000- Rp 4. 000.

Buat mengawali usaha ini lumayan menghasilkan modal Rp 2. 500. 000 dengan analisa kembali modal sepanjang 1- 2 bulan.

12. Jasuke( Jagung Susu Keju)

Usaha waralaba santapan beriutnya yang lagi hits dikala ini merupakan jasuke. Ialah suatu santapan yang berbahan dasar dari jagung yang dicampur susu dan keju.

Santapan ini biasnaya banyak ditemui di sekolah ataupun universitas sebab memanglah target utama yang dituju merupakan kanak- kanak serta pula mahasiswa.

Buat satu cup jasuke dibanderol dengan harga Rp 3. 000- Rp 5. 000. Ada pula modal usaha buat mengawali usaha tersebut lumayan dengan menghasilkan modal sebesar Rp 2. 700. 000 Kamu telah dapat mengawali usaha tersebut dengan memakai booth yang disediakan oleh pihak industri.

13. Takoyaki

Tidak hanya santapan nusantara, santapan asal Jepang juga lumayan sering di dengar serta disukai oleh warga Indonesia.

Di Jepang sendiri, santapan yang berbahan dasar gurita tersebut banyak ditemui di pinggir jalur ataupun terkenal dengan nama santapan kaki 5 ala negeri Jepang.

Di Indonesia sendiri tidak hanya banyak ditemui di pinggir jalur, pula bisa ditemui di pusat perbelanjaan maupun sekolah.

Buat satu jatah takoyaki sendiri dibanderol dengan harga Rp 5. 000 buat 3 buah takoyaki. Bila Kamu tertarik buat mebuka usaha waralaba tersebut, lumayan dengan menghasilkan modal sebesar Rp 3. 200. 000 yang telah dilengkapi dengan bahan baku serta pula gerobak.

14. D’ crepes

Biasanya crepes ini merupakan kue yang dibuat dari terigu yang diberi toping manis serta pula asin. Kue tersebut dimasak dengan memakai loyang datar sehingga dikala disajikan crepes juga membentuk kue kering yang tipis.

Warnanya santapan tersebut sangat disukai para pecinta kuliner di Indonesia sehingga d’ crepes ini dinilai bagaikan usaha yang lumayan menjanjikan.

Buat mengawali usaha tersebut cuma dibanderol Rp 7, 5 juta dengan satu prosi d’ crepes dihargai Rp 10. 000 hinggan Rp 20. 000

15. Siomay

Siomay bagaikan santapan oriental pula sangat disukai oleh warga Indonesia. Siomay ini berbahan dasar tepung terigu, tapioka yang dicampur dengan santapan laut semacam ikan ataupun udang.

Sebab banyaknya peminat siomay, hingga para pelakon bisnis juga membuat usaha waralaba buat santapan tersebut.

Contohnya saja di kota Bandung, ada usaha waralaba santapan yang lumayan populer bernama Siomay Youlagi.

Siomay tersebut didirikan pada tahun 2013, untuk Kamu yang mau mengawali bisnis tersebut hingga lumayan menghasilkan modal sebesar Rp 1 juta sampai Rp 6 juta. Buat satu jatah siomay dibanderol dengan harga Rp 10. 000- Rp 12. 000.

16. Martabak Mini

Martabak semacam yang dikenal bersama ialah jajanan pasar ala warga Indonesia. martabak yang diketahui pada biasanya mempunyai dimensi yang lumayan besar dengan toping cokelat, kacang, keju, pisang serta lain sebagainya.

Tetapi, lain dahulu lain saat ini santapan martabak juga telah hadapi pergantian dari segi konsep usaha hingga pada dimensi martabak yang dijual.

Contohnya saja, martabak mini Africa“ Waka Waka” yang menyajikan dimensi martabak lebih kecil dengan varian rasa yang berbagai macam serta kekinian semacam red valvet, ketan, durian, keju, coklat, serta lain sebagainya.

Buat mengawali bisnis ini, Kamu dapat menghasilkan modal mulai dari Rp 6 juta sampai Rp 11 dengan ditaksir modal sepanjang 1- 2 bulan.

17. Dokar( Donat Bakar)

Usaha waralaba santapan selanjutnya merupakan donat bakar ataupun yang akrab diucap dengan Dokar. Awal mulanya, bisnis tersebut diprakasai oleh Iwan Chrismanto pada tahun 2008.( sumber: http:// goukm. id)

Sampai hingga dikala ini, outlet dokar yang telah dipunyai Iwan menggapai sampai 66 cabang yang tersebar di daerah Indonesia.

Sebab kemahirannya serta eksperimen yang dikerjakannya, Iwan sukses membuat 42 varian rasa donat bakar yang rasanya tidak butuh buat diragukan lagi.

Buat Kamu yang tertarik membuka usaha tersebut, dapat dengan menghasilkan modal mulai dari Rp 7, 5 juta sampai Rp 9, 3 juta. Harga yang dibanderol buat satu donat sendiri berkisar antara Rp 1. 500 sampai Rp 3. 000 bergantung rasa serta toping yang digunakan.

18. Seblak

Seblak ialah santapan yang berasal dari Bandung Jawa Barat ini mulai diketahui oleh warga Indonesia secara luas.

Santapan ini berbahan dasar simpel ialah berasal dari kerupuk aci yang dicampur dengan toping- toping yang berbagai macam serta tingkatan tingkat pedas yang bermacam- macam.

Tidak hanya dapat ditemui di Bandung, seblak ini juga bsia ditemui di wilayah lain sebab sudah memakai konsep usaha bisnis waralaba.

Buat mengawali usaha waralaba santapan ini diawali dari modal Rp 2. 000. 000 sampai Rp 3. 500. 000.

19. Hotdog serta Burger

Hotdog serta burger juga ialah santapan western yang lumayan laku di Indonesia. Santapan ini meski santapan luar, tetapi dapat disesuaikan dengan lidah warga Indonesia serta pula terjamin hendak kehalalannya.

Buat mengawali bisnis ini lumayan dengan menghasilkan modal sebesar Rp 3, 500, 000 sampai Rp 5, 500, 000.

20. Usaha Tahu

Ketahui bagaikan santapan khas Indonesia ini pula sudah banyak ditemui dlaam wujud usaha waralaba. Bermacam- macam tipe usaha waralaba juga disajikan diawali dari ketahui edan, pletok, ketahui gejrot serta lain sebagainya.

Intinya, penyajian ketahui tersebut terdapat yang dimasaka dengan memakai tepung serta setelah itu digoreng sampai renyah.

Modal yang dikeluarkan buat usaha waralaba ini Rp 3.000.000 sampai RP 5. 500.000 dengan ditaksir balik modal sepanjang 1- 2 bulan.

Avatar
Fahmi Permana Hobi Rebahan - Cita cita menjadi sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *