Fahmi Permana Hobi Rebahan - Cita cita menjadi sultan

Ingin Jadi Blogger Sukses? Jangan Abaikan 6 Mental Positif Ini 

Ingin Jadi Blogger Sukses? Jangan Abaikan 6 Mental Positif Ini 
Image dari Problogger.net

Sama halnya dengan profesi lain, untuk menjadi blogger yang sukses itu tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang tiada tara untuk mewujudkannya.

Dalam meniti jalan menuju kesuksesan tersebut, #blogger pasti juga akan menemui beberapa rintangan dan kesulitan yang berliku untuk dihadapi. Seorang blogger tentu tidak bisa mengandalkan ilmu saja untuk bisa menjadi sukses. Ada banyak hal yang bisa mendukung kesuksesan atau sebaliknya kegagalan blogger.

Salah satu faktor pendukung kesuksesan seorang blogger itu adalah sikap dan mental. Ya, sikap dan mental memang memiliki peranan yang sangat penting bagi blogger untuk menyongsong kesuksesan. Dengan mental yang kuat maka ia akan berpeluang besar untuk mencapai seorang blogger sukses, dan sebaliknya dengan mental yang lemah maka blogger akan sangat sulit bahkan mustahil untuk mencapai kesuksesan.

Berikut adalah beberapa mental positif yang wajib dimiliki blogger agar mampu meraih kesuksesan di dunia blogging.

1. Berani Bermimpi Besar

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Itulah sepenggal bait yang ada pada lagu Laskar Pelangi yang dibawakan oleh Nidji. Ya, mimpi memang landasan dan pijakan awal untuk menggapai kesuksesan. Tanpa mimpi dan cita-cita, blogger akan sulit mencapai suskes, karena tidak ada penggerak dalam diri mereka untuk berjuang dan melakukan sesuatu yang lebih. Maka dari itu, Anda sebagai blogger harus memiliki impian besar jika ingin menjadi blogger yang sukses.

Untuk bermimpi besar, Anda bisa memulainya dengan menuliskan daftar 10 impian sukses untuk blog Anda dalam selembar kertas. Tulisakan target pencapaian blog Anda untuk 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun mendatang. Terakhir, tulislah aktivitas harian atau hal-hal (to-do-list) yang bisa dilakukan untuk mencapai impian Anda tersebut.

Artikel lain: 7 Komponen Penting Untuk Mendukung Kesuksesan Blog

2. Mencintai Aktivitas Blogging

Cinta adalah sesuatu yang akan membuat Anda selalu bersemangat dan berjuang memberikan yang terbaik pada aktivitas blogging Anda. Dengan mencintai aktivitas blogging dengan sepenuh hati, Anda akan mampu menjalankan blog dalam jangka waktu yang lama.

Ya, cinta memang sesuatu yang mengakar dalam diri manusia yang sulit untuk dihilangkan atau dihentikan jika ia memang benar-benar mencintainya. Untuk dapat menemukan cinta Anda yang sejati pada aktivitas #blogging, Anda harus menemukan hal atau sesuatu yang benar-benar Anda cintai pada aktivitas blogging (misalnya menulis, mendesain, bercerita, berbagi informasi, berinteraksi, bersosialisasi).

Setelah itu, Anda juga harus menemukan tema blog yang sesuai dengan diri Anda. Jangan memaksakan diri untuk memilih tema blog yang tidak Anda sukai dan tidak Anda kuasai.

3. Memberikan yang Terbaik

Ya, untuk menjadi yang terbaik dan sukses, Anda juga harus memberikan yang terbaik. Maka dari itu Anda tidak bisa melakukan hal-hal di seputar aktivitas blogging ini dengan setengah-setengah. Anda harus melakukannya dengan maksimal. Anda harus mengerahkan seluruh kemampuan yang Anda miliki.

Inilah bentuk perjuangan yang memang harus Anda tempuh untuk bisa menjadi sukses. Melakukan hal yang terbaik dalam aktivitas blogging bisa berwujud menulis artikel terbaik dan bermanfaat, selalu membalas komentar yang ada di blog, menjalin hubungan baik dengan sesama blogger serta saling berbagi ilmu dan pengalaman diseputar dunia blogging.

4. Blogger Sukses Selalu Belajar

Blogger sejati yang mendambakan kesuksesan pantang untuk berhenti belajar. Jangan merasa diri paling jago dan ilmu yang dikuasai sudah maksimal. Jika Anda melakukannya, maka bisa dipastikan Anda akan terjatuh dan terpuruk. Ya, kesuksesan memang biasanya akan didapat oleh orang-orang yang terus belajar tanpa henti.

Dalam bidang blogging ini Anda bisa melakukan pembelajaran dengan selalu mengupdate ilmu dari buku atau berdiskusi dengan sesama blogger. Untuk semakin tajam dalam tema blog Anda, blogger bisa berlangganan 5 RSS blog dengan niche yang sama dengan blog yang Anda miliki.

5. Disiplin Terhadap Diri Sendiri

Sikap positif berikutnya yang wajib dimiliki blogger sukses adalah disiplin. Ya, disiplin adalah kunci untuk Anda terus menapak jejak kesuksesan. Anda harus tetap menjaga mimpi-mimpi Anda, mencintai aktivitas blogging, melakukan yang terbaik dan terus belajar tanpa henti.

Semua ini harus Anda lakukan secara disiplin dan konsisten. Hanya dengan disiplin diri yang tinggi inilah Anda akan terus membuka peluang besar menuju kesuksesan.

Baca juga: 6 Teknik Membangun Otoritas Blog Mulai Dari Nol

6. Sabar dan Persisten

Terakhir, mental yang perlu dimiliki blogger sukses adalah dengan memiliki sikap sabar dan persisten. Kesuksesan yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar memang membutuhkan sikap sabar dan persistensi atau kegigihan yang tinggi.

Anda tak boleh lembek dan cepat menyerah meskipun target-target Anda meleset di beberapa waktu. Anda harus selalu kuat dan sabar menjalani aktivitas blogging ini. Dengan kesabaran dan persistensi, Anda akan semakin mendekatkan diri dengan kesuksesan blogging.

Avatar
Fahmi Permana Hobi Rebahan - Cita cita menjadi sultan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *